Sabtu, 06 Februari 2010

CERPEN YENITA

PUNCAK KESIALANKU

Ngik-ngok…..ngik-ngok…..ngik-ngok…..
Bunyi jam beker lagi-lagi mengusik “the sweat dream”ku. Sampai-sampai gendang kupingku ni mau pecah dibuatnya. Rasanya berat banget mata ini buat melek. Tapi kalo nggak bangun ntar telat,mana jam pertama gurunya kiler lagi. Tapi asyik juga sih kalo telat, kan bias nggak ikut mapelnya Pak Louis si guru plontos yang di kotaknya Cuma ada rumus matematika doing.Hehe……!!!pikirku dalam hati.
Ah…., bego banget sih aku, kalo telat kan nggak boleh masuk gerbang sekolah terus dapet poin pula. Mana poinku udah numpuk sampe 45, itu aja baru kelas satu semester pertama. Gimana kalo semester dua ? Apalagi aku hobi banget kalo telat. Secara bagiku tuh peraturan dibuat untuk dilanggar. Hehe….!!!
Mending kalo poinnya bias dituker sama pulsa, nah ini di DO, bisa-bisa ntar aku diste hidup-hidup sama bonyok. Iiiiih seeeeeeerrrrrrrreeem……!!!
Lho gimana sih kok jadi ngaco pikiranku. Udah nggak ada waktu lagi buat mikir apalagi ngayal, secara jam udah nunjukin pukul tujuh. Spontan akupun langsung melesat ke kamar mandi. Ooopss, mandi ? Mana sempet ? Aku kan kalo mandi lama, butuh waktu setengah jam buat bersihin bolot-bolot bandel yang udah nyatu sama kulitku yang mulus ini. Padahal kemarin seharian aku nggak mandi gara-gara hujan udaranya dingin bikin aku males mandi.
Akhirnya akupun mutusin sikat gigi plus cuci muka doing. Lalu ganti baju terus makan ala kadarnya. Maklumlah aku kan anak kos yang cuma ngandelin kiriman ortu dari Wonosobo, yang merantau ke Semarang untuk nglanjutin sekolah yang lebih tinggi. Habis mau gimana lagi, di Wonosobo kan sekolah jarang, kalaupun ada mutunya masih rendah. Hehe…!!!
Setelah makan akupun menyanbar kunci mtorku dan langsung meluncur ke sekolah. Saat di tengeh jalan, aku dicegat oleh seorang polisi lalu lintas yang menyuruhku untuk berhenti.
“Busyet dah, aku lupa kalo aku nggak bawa helm apalagi SIM atau STNK. Mana sempat aku bawa barang begituan, tadi kan aku buru-buru. Yah.., mau nggak mau akupun nurut. Paling menthok-menthoknya pasti minta. Hehe…!!!” pikirku dalam hati.
Eitz, lha emang aku punya duit apa ? Adapun itu cuma buat kebutuhan satu minggu. Mana kiriman ortu datangnya masih seminggu lagi. Pokoknya jangan sampai skuter miniku ini ditilang, bias tekor aku kalo kemana-mana nggak bawa motor. Waduh gimana nih, bingung aku…!!!
Beberapa detik kemudian.
Yah..!aku puny ide, aku kan bias pake jurus jituku 3M (Merayu, Memelas, Menipu). Hehe..
“Priiit….priiit…STOP…!!” kata polisi itu serayameniup peluitnya.
Akupun langsung menghentikan motor dan memarkirkannya di bawah pohon jengkol.
“Iya pak, ada apa ?’ tanyaku pura-pura nggak tahu dengan tampang sok cute.
“Mana helmmu ?”
“Di rumah”.
“Mana SIMmu ?”
“Di rumah”.
“Mana STNKmu ?”
“Di rumah.”
“Dasar BOCAH BODONG.’
Iiih nyebelin banget nih polisi, pake ngatain aku bocah bodong. Emang sih kalo di sekolah aku sering dipanggil kayak gitu oleh guruku karena kecerobohanku. Tapi aku kan nggak suka dipnggil bocah bodong. Yah.., nggak apa-apa deh, secara aku kan nggak suka debat. Mendingan aku mengiyakan perkataan polisi itu biar dia seneng terus aku bebas deh..!Hehe…
Sambil nyengir akupun bilang pada polisi itu,
“Hehe…, lho bapak kok tahu nama saya sih !”
Spontan polisi itu jadi linglung tapi langsung melanjutkan renteten pertanyaannya yang nggak penting itu.
“Rumah kamu dimana?’
“Maaf pak, rumah saya nggak saya bawa soalny berat pak ?”jawabku sembrono.
Polisi itu menarik napas dalam-dalam. Mungkinia gregetan dengan jawabanku yang ceplas-ceplos itu. Salahnya sendiri pake Tanya-tanya segala. Emangnya mau sensus penduduk.
“Maksud saya alamat rumah kamu itu di daerah mana ?’nada suara polisi itu mulai meninggi.
“Ough…itu pak, rumah saya di daerah koramilatas itu lho pak “ ,j jawabku santai.
Namu tiba-tiba ekspresi polisi itupun berubah 180 derajat dan menjadi sedikit ramah. Sambil tersenyum simpul polisi itu berkata,
“Eeee…, nama Adik siapa ?”
Adik…??? Sejak kapan kakakku kawin sama polisi. Boro-boro, punya kakak aja nggak. Aku kan anak semata wayang. Mestinya, tuh polisi manggil aku “nak” bukan “dik” secara dia kan seumuran dengan bapakku.
“Lho gimana sih ? Ditanya kok malah ngelamun ! Nama ayah Adik siapa ?” tegur polisi itu dengan mengulang pertanyaannya.
“Eh maaf pak, ayah saya namanya Gandhi. Emang kenapa ?” tanyaku penasaran.
“Ough, pak Gandhi yang item, tinggi, gedhe itu kan ? Ya sudah Adik sekarang berangkat saja ke sekolah, tapi kalo nanti pulang, jangan bilang ayah ya tentang kejadian ini!” pinta polisi itu.
Akupun langsung mengiyakan perkataan polisi itu. Soalnya aku nggak mau terlibat lebih dalam dengan percakapan yang nggak penting itu. Kalo boleh jujur, aku masih bingung tuh sama perkataan polisi itu. Emang sih, aku tinggal di daerah koramil tepatnya di kos-kosan dekat koramil dan satu lagi bapakku namanya emang Gandhi tapi nggak item, tinggi, dan gedhe kayak yang dibilang polisi tadi. Enak aja bapakku dibilang kayak gitu. Masa’ kalo bapakku beneran kayak gitu anaknya bias cakep dan imut-imut kayak aku sih. Hehe…!!! Bapakku tuh cakep, kulitnya sawo mateng, dan bentuk badannya itu ideal nggak gehe seperti yang dibilang polisi itu. Tapi nggak papa ding yang penting aku bebas.
Yah, gara-gara kejadian tadi aku jadi telat nih, mana gerbangnya udah ditutup lagi. Tapi aku nggak bakal nyerah gitu aja, bukan Gadis namanya kalo aku dah kehabisan akal. Hoho…
Setelah 5 menit mikir akhirnya aku dapet ide. Aku mesti nitipin dulu nih motor di salah satu rumah warga deket sekolahn.
Setelah milih-milih, akhirnya aku nemuin tempat yang strategis buat tidur bebek ijoku, di toko bangunan Artomoro deket sekolah. Pilih-pilih, eh ternyata aku salah pilih tempat. Faktanya setelah motor udah aku parkirin, anjing si pemilik took tahu kalo aku cumin numpang parker. Kayaknya sih, anjing itu sensi banget sama aku secara aku kan Cuma numpang tapi nggak beli barang dari took itu.
Karena buru-buru akupun lari, eh malah anjing itu ikut-ikutan lari ngejar aku. Mending kalo Cuma anjing pudel, lha ini anjing herder. Siapa yang takut ?
Akhirnya aku sampai di gerbang belakang sekolah tapi anjing itu masih mbuntutin aku terus. Karena kehabisan akal aku mutusin untuk manjat pohon mangga dekat gerbang. Eitzz, tapi kan aku nggak bias manjat ? Tau ah, yang penting gimana caranya aku bias selamat dari gigitan anjing gila itu. Akhirnya aku mulai manjat, baru dua panjatan aja kakiku udah gemeteran. Gimana mau nggak? Lha wong di bawah pohon anjing itu masih nggonggong sambil menjulur-julurkan lidahnya seakan-akan mau nelan aku hidup-hidup. Waduh gimana ya, aku pengin teriak tapi ntar ketahuan satpam ama guru terus dapet poin. Ah.., itu mah sama aja makan buah simalakama!
Untuk nahan keseimbangan akupun pegangan ranting pohon sementara kakiku masih bergelantungan. Yah, kalo gini caranya ancur deh pasaranku secara anjing herder itu kan masih di bawah pohon, pasti dia lihat dong celana dalamku. Hiks….hiks….!!!
Kalo tau gini, nyesel deh aku jadinya. Kenapa dari dulu aku nggak ngakuin aja kalo monyet itu nenek moyangku. Sekarang jadi kualat deh, aku dah dikutuk nggak bias manjat pohon. Hiks….hiks…!!!
Namun perjunganku nggak bakal stop gitu aja. Nggak lucu kan kalo aku bergelantungan kayak gitu sampe anak-anak pada pulang. Untung kakiku panjang, jadi bias menggapai pagar gerbang dan loncat ke atasnya. Nggak percuma deh nyokap ngasih nama aku “Gadis Kutilang” yang katanya sih singkatan dari KUrus, TInggi, LANGsing. By the way soal kurus, kenapa anjing tadi segitu ngebetnya mbuntutin aku ya? Apa karena badanku yang kurus terus dikiranya aku tulang berjalan kayak iklan boneeto di TV-TV itu kali ya !
Ah bodho amat , yang penting aku bias selamat.
Setelah sampai ke atas pagar gerbang dan pas mau loncat ke bawah aku lihat Pak Louis sedang berjalan menuju ke gerbang belakang. Mungkin Pak Louis mau ke toilet karena letak toilet guru dekat dengan gerbang belkang sekolah. Gimana nih kalo Pak Louis lihat aku bawa tas dari pintu belakang past dia ngiranya aku telat kalo nggak pasti mau cabut. Akhirnya akupun mengurungkan niatku buat bawa tas. Yah, kepaksa aku cantolin tasku itu di ranting pohon mangga. Terus aku loncat ke bawah dan seperti dugaanku Pak Louis memergokiku.
“Kutil, dari mana kamu ?” suara Pak Louis menggelegar seakan-akan mau memecahkan gendang telingaku. Lagi-lagi makhluk aneh ini manggil aku dengan sebutan Kutil.
“Iiih, Bapak kenapa sih mesti panggil saya dengan sebutan aneh kayak gitu. Masa’ cantik-cantik gini dipanggil Kutil!” jawabku sewot.
“Ya memang kenyataannya nama kamu itu kan ? Gadis Kutilang. Jadi terserah Bapak dong mau panggil kamu apa saja yang penting sesuai dengan nama panjang kamu. Ya sudah kamu jangan mengalihkan pembicaraan. Jawab pertanyaan Bapak tadi. Dari mana kamu? Kenapa jam pertama tadi kamu tidak ada di kelas?” Tanya pak Louis sambil melotot.
“Pak, tadi itu di kelas kepala saya kejedot tembok terus karena pusing saya ke UKS. Niatnya sih Cuma mau istirahat bentar, eh nggak tahunya malah ketiduran. Pas udah bangun dan mau balik ke kelas, saya malah kebelet pipis. Yah mungkin karena masih ngantuk saya jadi linglung sampai-sapai salah ke toilet guru. Pas mau balik ke toilet siswa malah ketemu Pak Louis deh!” jawabku dengan sikap diplomatis. Nggak jujur tapi juga nggak bohong. Nggak jujur karena tadi aku nggak di UKS. Nggak bohong karena aku emang bener-bener kebelet pipis gara-gara lihat tampangnya Pak Louis.
“Ya sudah kalau begitu sekarang kamu kembali ke kelas!”
“Baik pak…!!!”jawabku sambil tersenyum nyengir.
Lalu akupun kembali ke kelas tanpa bawa tas. Saat pelajaranpun aku pinjem bukunya Devisa, temen sebangkuku.
Saat jam istirahat aku dan Devisa pergi ke kentin untuk makan.
“Eh Gadis, lo tuh tadi pagi dari mana sih jam delapan baru nyampe’?”
“Tahu nggak sih lo, tadi tuh aku di kejar-kejar anjing herder terus karena bingung, aku usaha dengan susah payah manjat pohon. Pas udah nyampe dan mau loncat, eh malah ada Pak Louis. Yah, kepaksa aku tinggalin tasku di ranting pohon biar nggak ketahuan kalo telat. Pokoknya hari ini aku bener-bener sial banget “,jawabku sambil masang tampang bete.
“Jangan gitu, kata orang kalo kita udah nyampe pada puncak kesialan, kita bakal dapet jodoh”.
“Eh, Non! Doktrin darimana tuh ? Sempet ya lo masih percaya sama yang kayak gituan . Musyrik tau nggak!”
“Enak aja itu kata Mbah Joyo, dukun di kampong gue!”
“Haha…haha…hari gini masih percaya sama dukun, haha…haha…!!”
Aku ketawa terpingkal-pingkal mendengar perkatan Devisa. Namun tiba-tibaaku teringat kunci motorku dan dalam sekejap aku berhenti ketawa.
“Astaga…! Mampus deh ! Kunci motor gue ketinggalan di tas, pokoknya gue nggak mau manjat lagi. Tapi ntar gue pulangnya gimana nih ? Dev. Tolongin gue dong !” pintaku pada Devisa dengan mimic memelas.
“Tenang aja, ntar gue suruh temen gue buat ngambilin tas lo. Dia kan jago manjat. Tapi agak soren dikit ya soalnya gue mesti pulang dulu trus ngajak temen gue kesini. Lo nunggu di gerbang belakang aja yah ?” jawab Devisa santai.
“Ooh, thank’s ya. Eh by the way, temen lo cowok ya ?”
“He’em”, jawabnya sambil ngangguk.
Setelah mendengar jawaban singkat dari Devisa, ada sekelompok cheerleader kecil bersorak sorai di hati kecilku. Sepintas ada pikiran jail di benakku. Kali aja temen Devisa itu jodohku. Yah, percaya nggak percaya sih, kata dukunnya Devisa tadi kan aku bakal dapet jodoh kalo aku udah nglewatin puncak kesialanku. Hehe…..!!!
Teett…..teett….teeet….!!!
Belpulang sekolah berbunyi. Aku dan Devisa bergegas keluar kelas dan janjian ketemu lagi jam 3 di gerbang belakang sekolah. Sambil nunggu, akupun sibuk dandan biar nanti bias tebar pesona dengan temen sobatku itu.
Satu jam kemudian Devisa dating dengan membawa motor, tapi nampaknya dia dating seorang diri.
“Lho Dev, mana temen lo ? Jangan bilang kalo temen lo nggak jadi nolongin gue”, tanyaku khawatir.
“Tenang aja, Dis. Gue kan udah ngajak temen kesini. Pasti jadi dong !” jawab Devisa mantap.
“Tapi mana temen lo ? Jelas-jelas lo dating sendirian”, tanyaku penasaran.
“Nih kenalin, temen gue namanya Arza”, kata Devisa seraya menoleh kea rah orang yang diboncengnya. Namun aku nggak bergeming, lidahku kelu ketika melihat sesosok monyet yang ada dibalik punggung Devisa. Monyet itu tersenyum meringis padaku seraya mengulurkan tangan.
“Oh my God, inikah jodohku !”, jeritku dalam hati.
Perasaan gonduk bercampur kecewa berdesak-desakkan di ubun-ubun kepalaku. Tiba-tiba pandanganku kabur dan semuanya gelap yang terdengar hanya suara samara-samar Devisa yang tampak panik.
“Oii. Kok malah pingsan sih ! Songong lo! Katanya minta dibantuin. Tenang aja, Dis. Temen gue tuh monyet jantan jadi dia jago manjat “, usik Devisa sambil mengguncang-guncangkan tubuhku.
Sejenak, aku tersadar namun semuanya kembali gelap. Sejurus akupun pingsan dengan sukses untuk yang kedua kalinya.

TAMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar